Tuesday, March 20, 2007

Bank Bumi Putra dan Taxi Mercindo

Tahu Bank Bumi Putra? Mungkin banyak yang gak tau
Tahu Taksi Mersindo? Itu tuh, taksi oranye baru yang banyak beredar sekarang.

Lah hubungannya apa?

Taksi Mersindo sedikit berbeda dengan taksi pada umumnya. Mereka memakai mobil Proton, buatan tetangga kita Malaysia. Bank Bumi Putra... adalah juga bank yang dimiliki sahamnya oleh Malaysia.

KKN? Bukan itu yang ingin aku bahas. Dengar punya dengar, dari supir2 Mersindo, pada mulanya mereka adalah pecahan dari Kosti (Koperasi Taksi) yang baru saja kolaps karena uang anggotanya sebanyak 8 milyar dibawa kabur pengurus koperasi. Lalu mereka butuh pinjaman modal baru untuk menghidupi kembali. Mereka mencoba mencari pinjaman bank kesana kemari, namun selalu ditolak, dengan alasan tidak laik kredit, akibat kolapsnya koperasi mereka. Perlu ditekankan bahwa koperasi mereka kolaps bukan karena kinerja yang buruk, melainkan karena perbuatan oknum. Kinerja pinjaman mereka pada bank kreditor mereka fine2 saja.

Cerita punya cerita, akhirnya mereka mendapat pinjaman dari Bank Bumi Putra, yang notabene punya Malaysia, setelah ditolak oleh bank negeri sendiri. Bank Bumi Putra bersedia memberi kredit mereka dengan jaminan jumlah anggota dan kinerja armada mereka sebelumnya, bukan dengan agunan tanah, sertifikat, atau segala tetek bengek lainnya. Pinjaman tidak diberikan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk barang, yaitu mobil Proton buatan Malaysia. Para pengemudi taksi tersebut menyambut dengan gembira, dan beroperasilah armada taksi baru dengan bendera baru Mersindo, yang oranye ngejreng itu.

Mereka sangat berterimakasih karena mendapatkan fasilitas kredit dari negeri tetangga kita, setelah ditolak oleh negeri sendiri. Maklumlah, bank-bank kita lebih suka bermain dengan SBI yang memberikan pendapatan yang pasti dan enggan mengucurkan kredit kepada sektor riil, kepada teman2 kita yang benar2 membutuhkan dana untuk usaha.

Salahkan siapa, bank kita yang tidak mau pusing sedikit...

No comments: