Friday, January 23, 2009

Selamat Hari Raya Imlek

Tanggal 26 Januari 2009 nanti semua keturunan Cina di seluruh dunia akan merayakan tahun baru Imlek yang adalah tahun baru menurut penanggalan Cina. Bangsa Cina adalah sebuah bangsa diaspora yang menyebar di seluruh dunia, meskipun mempunyai beberapa pusat di luar daratan Cina seperti di Singapura. Kalau tidak salah beberapa bangsa yang masih keturunan Cina seperti Vietnam juga merayakannya, dengan nama yang berbeda dalam bahasa mereka. (Dalam bahasa Vietnam disebut Tết).

Di Indonesia pun tak ketinggalan. Semua mal sudah latah terlebih dahulu dengan menghias seluruh interior mereka dengan warna merah bernuansa Cina. Memang setelah era pemerintahan Gus Dur, bendungan yang selama ini melarang segala jenis perayaan berbau Cina (dan oleh karena itu dengan logika Orde Baru adalah komunis) dibuka. Sekarang kita bisa melihat Barongsai di mana2. Kong Hu Chu pun sudah bisa dicantumkan di KTP sebagai agama (katanya, saya belum pernah lihat sih). Chinatown seperti di Glodok pun penuh dengan segala jualan khas Imlek seperti kue2 dan juga segala macam hiasan berbau Imlek.

Di satu pihak ini adalah suatu hal yang patut disyukuri. Pemandangan yang khas di hari Imlek memberikan warna warni bagi kehidupan di Indonesia. Perayaan Imlek di Indonesia sekarang bisa menyaingi meriahnya Imlek di Singapura atau pun Malaysia. Di pihak lain, hari raya ini menambah sebuah hari lagi di luar Natal dan Idul Fitri untuk menambah kocek para pebisnis.

For better or worse, toleransi terhadap segala sesuatu yang berbau Cina telah berkembang dengan lebih baik, meskipun toleransi beragama kelihatannya menuju ke arah yang kurang menggembirakan. Indonesia masih akan menempuh jalan yang panjang.

Selamat Hari Raya Imlek untuk merayakan.

5 comments:

AndoRyu said...

Ikut serta merayakan, on?

btw, lagi menunggu hari raya lain yang menambah kocek pebisnis. Hari raya valentin hahahaha....

Anonymous said...

On, terus terang dari jaman sekolah gue sering banget lho naksir ama ce chinese. Mumpung gue msh single, bisa bantuin nyariin ga On ? :mrgreen:

Tigis said...

jadi ada ga nih On? :D

Oni Suryaman said...

git, git.
keep on dreaming.
mestinya elo belajar dari istri gue, gimana caranya dapat pasangan orang cina :p

Tigis said...

wah ogah On, kalo belajar dr istri elo n'tar ujung2xnya yg kena elo pula hahahahah....