Tuesday, April 10, 2007

Kapling Rumah Masa Depan

Di lobi DETOS (Depok Town Square) sekarang ada pameran kapling rumah. Tapi bukan rumah biasa melainkan rumah masa depan alias KUBURAN. Ya betul, Anda bisa beli dahulu kapling dengan segala tipe dan luas tanah, kayak beli rumah saja. Fasilitasnya juga tak kalah ciamik. Ada sarana parkir, tempat istirahat, hiburan, olahraga, dan lain-lain. Namanya San Diego Hills Memorial Park and Funeral Homes. Pengembangnya Lippo.

Harga yang ditawarkan untuk memiliki satu liang kuburan bervariasi. Ada yang ditawarkan Rp 3,2 juta per liang kubur. Namun ada pula yang Rp 30 juta per meter. Harga tersebut bergantung lokasi pemakaman. Semakin lokasinya mendekati puncak, semakin mahal harganya. Pelanggan bisa membeli beberapa space untuk keluarga. Atau yang di perbukitan, itu cukup untuk 12 unit dengan harga Rp 30 juta per meter.

Gile! Untuk beli rumah sendiri saja aku belum sanggup, dan orang mengucurkan 30 juta hanya untuk 1m2 kuburan? Di saat orang masih banyak yang kesulitan perumahan, proyek seperti ini wajib mendapat sorotan dari kita. Ini menunjukkan bahwa para pengembang kita memang jiwa keprihatinan sosialnya patut dipertanyakan.

Menurut pengembangnya sih, perkuburan tidak harus menyeramkan, melainkan dapat menjadi landmark. OK sih, tapi lagi-lagi ini hanya untuk yang berduit loh... Jadi kalau kocek Anda kosong, bersyukurlah kalau dapat tanah di Karet atau Jeruk Purut yang serem itu.

Kalau emang punya duit yang silakan, tapi pajakin dong. Kuburan mewah yang segede rumah tipe-21 adalah sebuah kemewahan yang luar biasa. Pajaknya juga harus lebih tinggi dari pajak PBB, karena ini bukan sebuah kelayakan melainkan sebuah kemewahan.

Anda ingat sebuah cerpen Tolstoy: Berapa lebar tanah yang dibutuhkan manusia? Tak lebih dari 2 x 1 meter persegi.

2 comments:

arie mega said...

hi..salam kenal..
jeruk purut sama karet gak serem kok. malah di karet banyak "tokoh" dimakamkan,heheh..
tapi emang tuh memorial apalah itu kebangetan..ngenyek kita yang gak punya duit!

AndoRyu said...

Hahaha... udah lama nggak pulang jadinya gak tau ttg ini.
"Ada sarana parkir, tempat istirahat, hiburan, olahraga, dan lain-lain."
Soal kalimat diatas, itu buat yg dikubur, yang ngubur, yg jaga kuburan, atau keluarga yg dikubur? Dapet fasilitas penginapan gak bagi yg berkunjung? hahahaha....