Monday, November 19, 2007

Pengalaman Nyari Buku di Gramedia

Baru seminggu yang lalu saya (dengan terpaksa) ke Gramedia untuk mencari sebuah buku untuk textbook kuliah. Saya benernya emang males banget ke Gramed, kecuali untuk beli stationary, karena di sana buku2 tidak disusun dengan kategori yang benar.

Misalnya:
1. Saya pernah melihat buku STRUKTURALISME, yaitu tentang salah satu teori sosiologi diletakkan di rak mekanika struktur teknik sipil. Bayangkan kalau orang yang mau nyari buku itu di rak sosiologi, gak akan nemu!

2. Buku dengan judul LIBIDO, sebuah buku postmodernisme, diletakkan di rak esek-esek, tentang bagaimana mencegah ejakulusi dini, dll. Begitu pula nasib buku TEORI SEKS-nya Sigmund Freud, sebuah buku psikoanalisis.

3. Saya pernah nyari buku Pram di katalog komputer mereka. Gak nemu buku yang diinginkan. Memang ada beberapa buku Pram yang lain, tapi yang saya cari gak ada. Usut punya usut, ternyata di dalam katalog mereka, entry Pramoedya Ananta Toer gak unik satu entry, bisa PRAMOEDYA, PRAMUDYA, PRAMUDIA, PRAMOEDIA, bisa pake TUR, atau TOER, tergantung orang yang ngisi entry pas barangnya masuk. Bisa mabok kan cari buku di sana.

4. Pengalaman saya yang terakhir, minggu yang lalu, nyari buku METAFISIKA sebagai HERMENEUTIKA. Gak nemu di database komputer mereka. Saya nanya ke petugas di Gramed Matraman, ditunjukin ke lt.1 rak FILSAFAT. Gak nemu juga. Saya nyerah, pulang. Teman saya menemukannya di lt.3! LAH, kok di database gak ada. Emang ada 2 rak filsafat di lantai yang berbeda! Bener2 bikin gila nyari buku di Gramed!

Kecuali kalau anda nyari HARRY POTTER, berdoa saja anda bisa menemukan buku yang anda cari di Gramed...

2 comments:

mina said...

onii! hai!!! masih ingat mina atau mave gak sih.
setuju banget!
selain itu, penjaga toko bukunya juga suka gak tau lokasi rak dengan kode tertentu. misalnya, di katalog, buku A ada di rak 101.3, mereka suka gak hapal lokasi, jadi kita mesti ikut longok-longok mencarikan ckckckck...
mereka itu di-training dulu gak sih?

btw, komennya diset untuk semua orang dong. aku kan gak ngeblog di blogspot lagi.

Oni Suryaman said...

lupa-lupa inget. yang dulu kita suka chatting bukan?

btw, gw penasaran sama tuh buku METAFISIKA, jadi gw balik lagi ke gramed dengan tekad menemukan tuh buku. Ketemu juga. Ternyata entry di databasenya adalah METAFIFIKA. Bikin ngamuk gak coba!